Translate

Monday, January 18, 2016

Tugas 4 Pengantar Bisnis Informatika

0 komentar
Teknologi Smart Watch

Gadget awalnya berkaitan dengan perangkat genggam. Sebagian besar dari kita sendiri kadang memiliki gadget lebih dari satu. Dengan seiring bertambahnya waktu, perkembangan teknologi terbaru telah banyak membawa perubahan dimana teknologi dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu teknologi Jam Tangan Pintar atau Smart Watch.

Meskipun tidak ada definisi yang diterima secara umum dari istilah smartwatch secara umum, namun semua orang mengetahui bahwa ini adalah perangkat yang serbaguna, yang dikenakan di pergelangan tangan, yang menjalankan aplikasi komputasi.

Dengan smartwatch seorang pengguna bisa memiliki akses ke berita, cuaca, olahraga, saham, horoskop, email dan banyak lagi. Near-universal understanding dari smartwatch sebenarnya memanfaatkan teknologi nirkabel untuk berkomunikasi dengan smartphone Anda. Smartwatch dirancang untuk jaringan dan mengintegrasikan dengan perangkat pribadi lainnya melalui Wi-Fi dan teknologi Bluetooth. Mereka tidak dirancang untuk menjadi pengganti ponsel, karena mereka dimaksudkan untuk memberikan alert untuk pesan dan panggilan tidak terjawab, tetapi tidak selalu memiliki kemampuan untuk membuat atau menerima panggilan.

Microsoft awalnya mengembangkan teknologi smartwatch dan memperkenalkan Smart Personal Object Technology, atau SPOT, pada tahun 2002. Ini merupakan perangkat mandiri yang dapat menerima berita dan peringatan melalui layanan radio FM, MSN Direct Ini, bagaimanapun, adalah kegagalan besar, seperti MSN Direct yang memerlukan biaya berlangganan yang paling tidak bersedia untuk tidak menawarkan kemampuan cukup untuk menjaga konsumen senang. Sejak itu, teknologi pelopor Pebble mendefinisikan kembali gagasan smartwatch ketika memasuki pasar dan mengumpulkan kickstarter hingga $10 juta. Perusahaan lain, seperti Google dan Apple sejak saat itu mengikuti dan mengembangkan smartwatch mereka sendiri.

Dalam rangka untuk bekerja dengan ponsel, smartwatch bekerja pada sistem operasi yang berbeda. Beberapa didesain hanya untuk sistem operasi Android, sedangkan yang lain bekerja dengan Android dan iPhone. Mereka semua menawarkan variasi macam fungsi, di mana beberapa hanya akan mengingatkan Anda bila teks baru atau email baru dan lain-lain yang masuk ke dalam smartphone Anda yang akan memungkinkan Anda untuk membacanya. Beberapa smartwatch menawarkan fungsi media sosial, dan beberapa menawarkan fungsi kalender. Tapi ini tergantung pada pabrik dan model.

Tren dari smartwatch ini siap untuk lepas lAndas dan merevolusi pasar teknologi konsumen. Menurut Canalys, lebih dari lima juta smartwatch akan dikirimkan ke seluruh dunia pada tahun 2014. Itu lompatan besar dari 330.000 yang sudah dikirim pada tahun 2012 dan diperkirakan setengah juta untuk dikirim pada 2013.

Bagian dari keberhasilan yang diproyeksikan adalah karena potensi dalam industri smartwatch. Tren komputer wearable dapat berfungsi sebagai hub untuk menyambungkan perangkat pintar yang lain, seperti monitor denyut jantung dan smart glass. Ini dapat berubah menjadi sistem medis terintegrasi. GlucoWatch Biographer, misalnya, membaca kadar glukosa dan dirancang untuk membantu penderita diabetes yang membutuhkan pemantauan konstan.

Smartwatch juga dapat menggunakan bacaan biometrik untuk mengidentifikasi pengguna, dan pengetatan keamanan dari perangkat mobile Anda. Bionym telah memperkenalkan sensor yang melacak detak jantung pengguna melalui sistem pengenalan biometrik dan dapat mengkomunikasikan informasi ke perangkat lain yang terhubung. Sebuah ponsel yang biasanya membutuhkan password akan otomatis dibuka ketika dibawa ke teknologi dari komputasi pergelangan tangan dari smartwatch .

Samsung baru saja mengungkapkan Samsung Galaxy Gear untuk banyak kemeriahan dan kegembiraan, dan dirancang untuk bekerja dengan ponsel smartphone Samsung. Kamera built-in dan alat pengukur langkah, ditambah kontrol musik, membuat sebuah gebrakan pertama yang sangat baik untuk Samsung ke pasar smartwatch. Qualcomm Toq diharapkan siap untuk memukul pasar pada bulan Oktober dengan harga sekitar $300. Perangkat tipis ini menggunakan layar mirip dengan e-ink, tetapi juga dapat menghasilkan warna dan menjalankan video. Pesaing lainnya termasuk Apple iWatch, yang masih dalam tahap prototipe, dan Sony Smartwatch 2.

Salah satu pemain utama adalah Pebble smartwatch, yang bekerja di bawah OS Android dan dapat mengirim dan menerima pesan SMS. Dengan built-in navigasi GPS, pilihan untuk mengendalikan musik dan kamera, Pebble smartwatch dapat dibeli di Best Buy, sedang mencoba untuk mendapatkan pijakan sebelum raksasa pasar memiliki kesempatan untuk menjual produk mereka yang telah dikembangkan. Sejauh ini, mereka telah sangat sukses, dengan lebih dari 275.000 penjualan.

Ini terlalu dini untuk mengatakan keberhasilan yang tepat dari smartwatch, tapi sulit untuk mengabaikan hiperbola dari para calon pengguna guna menyambut teknologi terbaru ini. Gagasan ini menjadi lebih terhubung ketika perangkat yang membawa teknologi di pergelangan tangan ini sangat menarik bagi banyak konsumen. Kemampuan untuk metering biometrik dan kesehatan saja bisa menyelamatkan nyawa dan meningkatkan kualitas hidup bagi banyak orang.



Sumber :
http://www.plimbi.com/news/126992/smartwatch




Read full post »

Sunday, January 10, 2016

Tugas 3 Pengantar Bisnis Informatika

0 komentar
Permasalahan dan Cara Mengatasi Masalah Dalam Membangun Usaha Berbasis IT

Dalam segala sesuatu yang kita lakukan, pasti memiliki kendala yang menjadi resiko yang harus kita hadapi. Dan sebagaimana dalam bidang lain, bidang usaha atau bisnis IT juga memiliki berbagai kendala yang sering di hadapi.
Berikut adalah 5 jenis kendala dalam Usaha atau Bisnis IT beserta Solusinya secara umum.
1.   Sumber Daya Manusia
Jika anda adalah seorang Interpreneur sejati, tentu anda akan sangat sadar tentang pentingnya sumber daya manusia yang berkualitas. Anda akan membutuhkan tim spesialis yang memiliki kemampuan mumpuni untuk membantu anda dalam mengembangkan usaha. Masalahnya, jika bidang yang anda geluti adalah suatu hal yang memiliki sedikit orang yang mampu melakukanya. Atau anda memang membutuhkan orang-orang dengan spesialisasi tertentu yang tak bisa di dapat dengan mudah. Maka salah satu solusi yang dapat anda lakukan adalah melakukan investasi pada sumber daya manusia tersebut. Seperti, anda dapat mengirim orang untuk belajar dengan biaya yang anda tanggung.

2.   Minat Pasar
Minat pasar adalah salah satu factor penting yang dapat menjadi masalah besar di kemudian hari. Kurang matang dalam menentukan pasar yang akan anda bidik, akan membuat usaha anda sulit untuk berkembang. Maka solusinya, anda harus menentukan konsumen yang akan anda bidik untuk produk anda. Apakah anak-anak, kalangan ibu-ibu, atau bahkan anak muda. Hal ini akan membantu anda lebih focus dalam melakukan promosi serta menargetkan produk anda ke konsumen yang tepat. Dan yang tidak kalah pentingnya, anda juga harus selalu mengikuti perkembangan pasar serta harus mempelajari karakteristik konsumen yang anda tuju.

3.   Siklus Penjualan
Beberapa produk terkadang memiliki siklus penjualan yang cukup lambat, terutama jika usaha anda berjalan pada bidang yang non-konsumtif. Artinya, produk yang anda jual tidak termasuk produk yang di butuhkan sehari-hari. Seperti furniture, barang pecah belah, dan lain sebagainya. Maka tak jarang anda akan mengalami siklus penjualan yang lambat tergantung musim dan minat pasar. Maka sebagai solusi yang dapat anda lakukan, anda harus memikirkan dengan matang siklus penjualan produk anda. Apakah produk yang anda jual dapat bertahan cukup lama di pasar atau malah cepat tenggelam karena tren-tren baru yang mungkin terjadi. Maka dari itu, anda harus lebih jeli dalam melihat prospek pasar. Anda harus selalu berusaha agar produk-produk anda dapat bertahan lama di pasar dengan terus melakukan inovasi untuk menarik minat pelanggan.

4.   Perencanaan Modal
Tak jarang para Interpreneur yang masih pemula sering salah perkiraan dalam perencanaan modal mereka. Bahkan ada sebagian yang berani menjalankan usahanya dengan modal terbatas serta modal nekat. Sebenarnya tak masalah, itu menjadi “keberanian” yang patut di hargai. Tapi semua akan berbeda jika ada masalah timbul di belakang hari. Persaingan yang cukup sengit, tren yang tiba-tiba berubah, serta beberapa factor yang menyebabkan anda harus memiliki modal lebih untuk bisa bertahan dan bangkit. Maka modal yang kuat serta perencanaan modal yang cukup matang akan sangat penting manfa’atnya untuk mengatasi masalah tersebut. Terutama agar usaha anda terus berputar dan tak berhenti di tengah jalan.

5.   Tepat Jadwal
Ini adalah salah satu hal tersulit yang bisa jadi masalah serius. Ketepatan jadwal adalah salah satu kunci utama untuk kesuksesan usaha anda. Sebuah produk harus memiliki jadwal pasti kapan produk itu mulai di pasarkan, dan kapan produk berikutnya menyusul agar terjadi siklus perputaran yang konsisten dalam pasar. Jika sampai anda tak bisa menepati jadwal yang di tentukan, maka resikonya adalah terjadinya “kekosongan” produk anda di pasaran. Dan celah ini dapat di gunakan para pesaing anda untuk merebut pelanggan anda.



Sumber :

http://www.enajwa.com/5-jenis-kendala-dalam-usaha-dan-solusinya/
Read full post »

Tugas 3 Pengantar Bisnis Informatika

0 komentar
Hal Penting Dalam Membangun Bisnis IT

Membangun perusahaan kita sendiri sangat menyenangkan. Namun, pasti akan berjalan tidak semenyenangkan seperti yang kita inginkan. Oleh karena itu, kita harus menjadi lebih jeli, spesifik atau detail dalam urusan bisnis ini. Selain yang secara umum kita mengetahui apa saja kiat sukses membangun bisnis yaitu konsumen dan lain sebagainya. Dalam membangun bisnis IT ada yang harus lebih diperhatikan lagi, yaitu :
  • Mengetahui Pergerakan Teknologi Informasi
Mengapa perlu mengetahui perkembangan teknologi ? Supaya apa yang kita suguhkan uptodate dan semakin menarik. Karena tidak dapat disangkal bahwa semakin kesini, teknologi semakin menggiurkan.

  • Bangun Passion Perusahaan
LeBlanc mengungkap, startup bisa saja sedang mengalami penurunan atau kenaikan pada pendapatan. Jika seseorang hanya berorientasi pada gaji yang ia peroleh, tanpa memiliki passion atau semangat bekerja di perusahaan, maka ini bisa menjadi penghalang untuk membuat perusahaan menjadi berkembang. Diperlukan kesabaran hingga bertahun-tahun untuk membangun startup yang sukses.

  • Mengenal Karakter Pegawai
LeBlanc mengungkap salah satu kunci sukses membangun startup, ialah memilih orang yang telah dikenal baik kemampuannya. “Semakin Anda mengetahui keunggulan (anggota tim), semakin dapat diprediksi keberhasilan apa yang Anda coba capai,” tuturnya.

  • Partner Jangka Panjang
LeBlanc bisa meraup USD10 juta untuk pembiayaan HotLink. HotLink merupakan startup teknologi yang menyederhanakan manajemen IT dan hybrid cloud. Menemukan partner ini tentunya yang memiliki sumber daya untuk membantu meng-cover biaya. Sehingga, Anda tidak perlu membawa investor ‘penyelamat’ saat perusahaan sedang krisis.

  • Hindari Pekerja Minim Pengalaman
LeBlanc menyarankan agar jangan sampai mempekerjakan karyawan yang belum memiliki akumulasi pengalaman selama beberapa tahun. Sumber daya manusia menjadi salah satu kunci dalam membangun kesuksesan perusahaan.

  • Integrasi Antar Bidang
Menurut LeBlanc, harus diperlukan koordinasi antara bagian dalam tubuh perusahaan startup. Masing-masing harus memiliki peran dan bertanggungjawab terhadap bidang pekerjaannya.
Misalnya, bagian teknik fokus pada urusannya. Sementara, ada bagian yang mengurusi kepekaan terhadap kebutuhan konsumen selama fase pengembangan produk atau jasa. Sehingga, Anda bisa menyimpan lebih banyak waktu serta mencegah stres.



Sumber :

http://techno.okezone.com/read/2014/02/05/429/936509/5-tips-sukses-bangun-bisnis-startup
Read full post »

Tugas 3 Pengantar Bisnis Informatika

0 komentar
Kiat-Kiat Untuk Membangun Bisnis IT

Bisnis dalam bidang teknologi memang sangat ketat. Seseorang yang mempunyai ide kreatif dan mampu mewujudkan dalam bentuk teknologi yang nyata maka bisa menjadi orang yang sangat sukses (kaya raya). Anda bisa lihat latar belakang kehidupan beberapa orang yang sekarang telah besar namanya, misalnya pemilik Google, Facebook, Apple, Microsoft dan banyak lagi. Mereka sekarang adalah kelompok borjouis yang awalnya belajar dan menciptakan sesuatu dari garasi rumah mereka.
Dunia Informasi dan Teknologi (IT) telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bagi para entrepreneur, bisnis dalam bidang teknologi begitu terbuka namun sangat ketat. Gampang memasukinya, namun gampang juga terdepak dalam persaingan tersebut. Semua itu tidak lepas dari persaingan dalam berkreatifitas mewujudkan suatu teknologi yang unik dan bermanfaat. Dalam IT, terdapat ratusan jenis/bidang bisnis yang sedang berkembang di setiap negara di dunia ini. Para pebisnis biasanya berusaha mencari atau mengembangkan bisnis IT-nya untuk spesifikasi atau spesialisasi tertentu. Sementara bagi para pebisnis muda, biasanya mereka cenderung tertarik dalam bisnis teknologi pada bidang :
  • Pengembangan perangkat lunak / aplikasi / software
  • Distributor dari produk-produk IT (baik software maupun hardware)
  • Konsultan dan Implementator Teknologi Informasi
  • Trainner IT


Setiap poin bisnis di atas akan terbagi lagi dalam berbagai spesialisasi tertentu. Dalam menjalankan bisnis dalam bidang teknologi ini, ada berbagai faktor yang mempengaruhi sukses dan tidaknya. Dua diantaranya adalah ketepatan memasuki pasar atau time to markert dan kualitas sebuah produk serta solusi yang dimilikinya. Jika terlambat memasuki bisnis ini, akan sulit bersaing dengan market leader. Anda harus menawarkan hal berbeda dan menarik untuk dapat bertahan dalam bidang bisnis ini. Namun jika terlalu dini, maka harus bersedia mengeluarkan biaya yang besar, sebelum teknologi/produk teknologi  yang anda usung dikenal luas oleh masyarakat. Untuk terjun ke dalam bisnis IT pada bidang tertentu, sebaiknya anda memperhatikan dua hal berikut ini, yaitu :
  • Melakukan pemilihan terhadap jenis usaha yang paling anda kuasai baik dalam bidang teknologi maupun pada bidang pasar (pelanggan) yang membutuhkan market tersebut.
  • Melakukan proyeksi dan pemilihan pada jenis usaha yang mempunyai prospek yang akan berkembang di masa depan.  Terjun pada usaha bisnis yang tengah berkembang namun memiliki persaingan yang ketat akan mengurangi margin keuntungan anda atau mungkin anda bisa gulung tikar.


Dalam memasuki bisnis dalam bidang IT, tidak cukup hanya berbekal pada keahlian penguasaan suatu teknologi. Agar sukses menjadi enterpreneur dalam dunia IT,  ada beberapa kemampuan yang dibutuhkan, antara lain :
  • Kemampuan di bidang penjualan atau salesmanship. Dengan berbekal kemampuan ini dan disokong oleh keahlian penguasaan teknologi yang terkait dengan produknya, maka peluang untuk menarik pelanggan dan ketertarikan pelanggan (konsumen) terhadap teknologi atau produk yang sedang ditawarkan akan lebih besar.
  • Kemampuan dalam bidang teknis. Ini penting untuk meyakinkan para konsumen bahwa anda atau perusahaan anda adalah pihak yang tepat dalam memberikan produk dan solusi teknologi bagi dirinya atau perusahaannya. Inilah citra utama yang menentukan kepuasan para pelanggan. Misalnya seseorang yang ingin membeli komputer tablet di toko anda, tapi anda sendiri tidak pandai mengoperasikannya. Tentu ini akan memberi preseden buruk bagi bisnis anda.
  • Kemampuan atau Pemahaman tentang keuangan perusahaan (accounting, financial management). Kemampuan ini berguna untuk mengatur roda keuangan di perusahaan anda.
  • Keahlian dalam menjalin mitra terhadap berbagai pihak atauHuman Relationship. Ada yang beranggapan bahwa untuk bisa berdiri kokoh pada bisnis teknologi, 20%nya ditentukan oleh implementasi dari aplikasi produk teknologi yang diciptakan/dijualnya, dan 80%nya ditentukan oleh manusianya baik para programmer, konsultan teknologi, manajer proyek dan pengguna akhir. Jadi faktor human relationship juga cukup vital.




Sumber :
http://www.kerjausaha.com/2012/12/kiat-sukses-menjadi-pebisnis-bidang.html
Read full post »

Popular Posts

 

Copyright © BONA BLOG Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger