Translate

Sunday, January 10, 2016

Tugas 3 Pengantar Bisnis Informatika

Permasalahan dan Cara Mengatasi Masalah Dalam Membangun Usaha Berbasis IT

Dalam segala sesuatu yang kita lakukan, pasti memiliki kendala yang menjadi resiko yang harus kita hadapi. Dan sebagaimana dalam bidang lain, bidang usaha atau bisnis IT juga memiliki berbagai kendala yang sering di hadapi.
Berikut adalah 5 jenis kendala dalam Usaha atau Bisnis IT beserta Solusinya secara umum.
1.   Sumber Daya Manusia
Jika anda adalah seorang Interpreneur sejati, tentu anda akan sangat sadar tentang pentingnya sumber daya manusia yang berkualitas. Anda akan membutuhkan tim spesialis yang memiliki kemampuan mumpuni untuk membantu anda dalam mengembangkan usaha. Masalahnya, jika bidang yang anda geluti adalah suatu hal yang memiliki sedikit orang yang mampu melakukanya. Atau anda memang membutuhkan orang-orang dengan spesialisasi tertentu yang tak bisa di dapat dengan mudah. Maka salah satu solusi yang dapat anda lakukan adalah melakukan investasi pada sumber daya manusia tersebut. Seperti, anda dapat mengirim orang untuk belajar dengan biaya yang anda tanggung.

2.   Minat Pasar
Minat pasar adalah salah satu factor penting yang dapat menjadi masalah besar di kemudian hari. Kurang matang dalam menentukan pasar yang akan anda bidik, akan membuat usaha anda sulit untuk berkembang. Maka solusinya, anda harus menentukan konsumen yang akan anda bidik untuk produk anda. Apakah anak-anak, kalangan ibu-ibu, atau bahkan anak muda. Hal ini akan membantu anda lebih focus dalam melakukan promosi serta menargetkan produk anda ke konsumen yang tepat. Dan yang tidak kalah pentingnya, anda juga harus selalu mengikuti perkembangan pasar serta harus mempelajari karakteristik konsumen yang anda tuju.

3.   Siklus Penjualan
Beberapa produk terkadang memiliki siklus penjualan yang cukup lambat, terutama jika usaha anda berjalan pada bidang yang non-konsumtif. Artinya, produk yang anda jual tidak termasuk produk yang di butuhkan sehari-hari. Seperti furniture, barang pecah belah, dan lain sebagainya. Maka tak jarang anda akan mengalami siklus penjualan yang lambat tergantung musim dan minat pasar. Maka sebagai solusi yang dapat anda lakukan, anda harus memikirkan dengan matang siklus penjualan produk anda. Apakah produk yang anda jual dapat bertahan cukup lama di pasar atau malah cepat tenggelam karena tren-tren baru yang mungkin terjadi. Maka dari itu, anda harus lebih jeli dalam melihat prospek pasar. Anda harus selalu berusaha agar produk-produk anda dapat bertahan lama di pasar dengan terus melakukan inovasi untuk menarik minat pelanggan.

4.   Perencanaan Modal
Tak jarang para Interpreneur yang masih pemula sering salah perkiraan dalam perencanaan modal mereka. Bahkan ada sebagian yang berani menjalankan usahanya dengan modal terbatas serta modal nekat. Sebenarnya tak masalah, itu menjadi “keberanian” yang patut di hargai. Tapi semua akan berbeda jika ada masalah timbul di belakang hari. Persaingan yang cukup sengit, tren yang tiba-tiba berubah, serta beberapa factor yang menyebabkan anda harus memiliki modal lebih untuk bisa bertahan dan bangkit. Maka modal yang kuat serta perencanaan modal yang cukup matang akan sangat penting manfa’atnya untuk mengatasi masalah tersebut. Terutama agar usaha anda terus berputar dan tak berhenti di tengah jalan.

5.   Tepat Jadwal
Ini adalah salah satu hal tersulit yang bisa jadi masalah serius. Ketepatan jadwal adalah salah satu kunci utama untuk kesuksesan usaha anda. Sebuah produk harus memiliki jadwal pasti kapan produk itu mulai di pasarkan, dan kapan produk berikutnya menyusul agar terjadi siklus perputaran yang konsisten dalam pasar. Jika sampai anda tak bisa menepati jadwal yang di tentukan, maka resikonya adalah terjadinya “kekosongan” produk anda di pasaran. Dan celah ini dapat di gunakan para pesaing anda untuk merebut pelanggan anda.



Sumber :

http://www.enajwa.com/5-jenis-kendala-dalam-usaha-dan-solusinya/

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

 

Copyright © BONA BLOG Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger