Translate

Tuesday, January 27, 2015

Tugas Desain Pemodelan Grafik 4

0 komentar

Cara Membuat Sebuah Karakter Dalam Bentuk Model 3D Dengan Menggunakan Software Blender


Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat open source, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor dan  intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak  ada  sifat  royalti  kepada  developer,  dan  dapat  dipublikasikan  baik  free maupun untuk dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai  kelebihan  sendiri  dibandingkan  program  modeling  3D  lainnya.
Keunggulan Blender 3D :
  • Interface yang user friendly dan tertata rapi.
  • Tool  untuk membuat  objek  3D  yang  lengkap meliputi modeling,  UV mapping,
  • texturing,  rigging,  skinning,  animasi,  particle  dan  simulasi  lainnya,  scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
  • Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
  • bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
  • Kualitas  arsitektur 3D  yang  berkualitas  tinggi dan  bisa  dikerjakan dengan  lebih cepat dan efisien.
  • File Berukuran kecil.
  • Free (gratis).
Oleh karena itu, lewat software Blender inilah saya akan mencoba membuat suatu objek yang layak dengan kualitas yang menarik yaitu Alien dari film kartun terkenal “Monster Inc” yang aliennya bernama “Mike. Itu semua saya tuangkan kedalam buku tutorial ini, semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.
Membuat bagian kepala Alien “Mike”
Dengan Objek default pada blender, kita pilihlah objek kubus pertama-tama
Kemudian tekan huruf “W” pada keyboard anda, lalu pilihlah “Subdivide”
Atur pada bagian “Number Of Cuts” sebanyak 2
Kemudian tekan “W” lagi, pilihlah bagian “Smooth”
Ubahlah angka tersebut sebanyak 4 untuk membuat kubus tadi menjadi sebuah lingkaran

Lalu pilihlah pada bagian tab “Object Modifier”, kemudian “Add Modifier” dan pilihlah “Subdivision Surface”
Aturlah “View” sebanyak 2 dan “Render” sebanyak 2 juga
Setelah proses diatas sudah selesai dilakukan maka tampilan kubus tadi berubah menjadi seperti sebuah Lingkaran
Aturlah objek tadi, dengan memainkan obek tadi agar terlihat seperti Lingkaran sungguhan
Setelah itu masuk pada bagian “Edit Mode” dengan cara menekan “Tab” pada keyboard anda. Lalu pilihlah pada bagian eksekusi “Vertex” maka tampilanya seperti gambar dibawah ini.
Kemudian tekan huruf “B” pada keyboard untuk menyeleksi “Border Selection” pada objek. Lalu pilih setengah bagian objek seperti gambar dibawah ini
Kemudian tekan huruf “X” pada keyboard dan pilih delete “Vertice” sehingga kita hanya memiliki setengah bagian saja pada objek
Kemudian pilih tab “Modifier”, lalu pilih pada bagian “Mirror”. Gunanya untuk membuat objek utuh seperti semula dan juga membuat posisi kanan serta kiri sama persis apabila dilakukan sebuah pengeditan pada objek tersebut atau biasa disebut proposional
Kemudian aturlah posisi “Mirror” tadi harus tepat diatas “Subdivision Surface” agar objek terlihat lebih halus seperti kondisi awal sebelum dilakukan delete “Vertice”. Dan berikut ini tampilah objek jika sudah selesai
Membuat bagian tangan Alien “Mike”
Langkah selanjutnya adalah membuat bagian tangan pada Alien tersebut, pertama-tama lakukanlah eksekusi “Face Select”
Maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini, kemudian pilihlah 4 bagian pada objek tadi untuk dilakukan eksekusi dengan cara menekan “Shift” pada keyboard dilanjutkan “Klik Kanan” pada mouse. Maka terlihat seperti gambar dibawah ini
Kemudian tekan “E” pada keyboard agar 4 bagian pada objek tadi terlihat sedikit menonjol seperti gambar dibawah ini
Lalu kita skala 4 bagian objek face tadi, dengan cara menekan huruf “S” pada keyboard
Pada proses sebelumnya, 4 bagian tadi terlihat cembung jika dilihat dari kamera samping. Maka kita akan datarkan 4 bagian objek tadi dengan cara menekan “S+X+0” pada keyboard. Mengapa X? Karena X menunjukan bagian cembung tadi agar bisa didatarkan
Kemudian lakukan eksekusi “Vertex Select”, kita akan membuat 4 bagian tadi agar terlihat lebih bundar
Lalu pilih 4 garis seperti gambar dibawah ini, setelah itu tekan hurus “S” pada keyboard atau biasa disebut “Scale/Skala” kemudian atur agar terlihat lebih bundar
Selanjutnya lakukan eksekusi “Face Select lagi”
Kemudian kita akan mengextrude 4 bagian yang dipilih seperti dibawah ini dengan cara menekan tombol “E” pada keyboard seperti gambar dibawah ini
Kemudian lakukan proses skala lagi dengan cara menekan tombol “S” pada keyboard, perkecil bagian tadi
Kemudian extrude lagi dengan cara menekan tombol “E’ pada keyboard, dan perpanjang lengan tesebut. Maka terlihat seperti gambar dibawah ini
Kemudian bagilah beberapa bagian pada tangan sudah dibuat tadi, agar terlihat seperti mempunyai “lengan atas” dan “lengan bawah” dengan cara menekan tombol “CTRL+R” pada keyboard. Maka terlihat seperti gambar dibawah ini. Usahakan semua facenay terlihat proposional. Lalu buat objek agar terlihat lebih halus dengan cara memilih pada bagian “Tools” lalu pilih “Smooth”
Membuat bagian mata Alien “Mike”
Masih pada “Edit Mode” kemudian kita nyalakn “Proportional Editing” dengan cara menekan tombol “O” pada keyboard lalu pilih pada bagian menu “Proportional Editing” klik “Enable”
Kemudian seleksi ciricle pada objek dengan cara menekan tombol “C” pada keyboard lalu pilih pada bagian tengah objek seperti gambar dibawah ini
Lalu pilih pada bagian “Mirror” tadi, ceklislah pada bagian “Clipping”. Agara saat objek muka alien tadi ditarik keatas tidak terbelah menjadi dua
Tariklah bagian muka tadi keatas dengan menggunakan fungsi graph dengan cara menekan tombol “G” pada keyboard, dan terlihat mukanya seperti Alien “Mike” sungguhan
Kemudian seleksilah beberapa bagian tengah muka alien, dan hapuslah dengan cara menekan tombol “Delete” pada keyboard lalu pilih “Vertice”. Maka terlihat seperti gambar dibawah ini
Masuk pada bagian “Object Mode” dengan cara menekan tombol “Tab” pada keyboard lalu buatlah sebuah objek “UV Sphere”, Kemudian tarulah ditengah-tengah bagian yang sudah dibuang tadi. Lakukanlah seleksi “Vertex Select”, kemudian pilih beberapa garis yang menandakan ruang kosong tadi dengan cara menakan “Alt” pada keyboard dibarengi dengan “Klik Kanan” pada mouse lalu tekan “F” pada keyboard. Maka terlihat seperti gambar dibawah ini
Membuat bagian mulut Alien “Mike”
Langkah selanjutnya adalah membuat mulut alien tersebut dengan cara menyeleksi “Face Select” kemudian pilh beberapa bagian face
Lalu pilih eksekusi “Extrude” kedalam objek, dengan cara menekan tombol “E” pada keyboard
Lalu masuk ke “Object Mode” lagi dan terlihat seperti gambar dibawah ini
Membuat bagian kaki Alien “Mike”
Langkah selanjutnya adalah membuat kaki, dengan cara masuklah ke “Edit Mode” lagi kemudian lakukanlah seleksi “Face Select” lalu pilihlah beberapa face yang ingin diseleksi. Terlihat seperti gambar dibawah ini
Kemudian tekan tombol “ALT+E” pada keyboard lalu pilih “Individual Faces”. Setelah itu lakukanlah seleksi “Extrude” dengan cara menekan tombol “E” tariklah kearah yang benar yang ingin dijadikan seperti sebuah kaki
Jika sudah selesai proses tadi maka terlihat seperti gambar dibawah ini
Pewarnaan Alien “Mike”
Dan untuk pewarnaan kita akan menggunakan “Material” seperti gambar dibawah ini. Pertama-tama kita buat sebuah material dengan nama “Tubuh” lalu pilih pada bagian kotak “Diffuse”. Lalu disini saya akan mewarnai bagian tubuh tadi dengan warna “Hijau”
Setelah itu, buat 2 buah “Material” dengan nama “Mata” dan “Bola Mata”. Dan masing-masing saya warnai untuk mata warna “Putih”, sedangkan untuk bola mata warna “Hitam”
Membuat Planet
Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah planet untuk tempat tinggal alien tersebut, dengan cara menambahkan objek “Plane”
Kemudian atur size plane tersebut dengan cara menekan tombol “S” dan diikuti dengan tombol “X” atau “Y” atau “Z” pada keyboard. Maka terlihat seperti gambar dibawah ini
Lalu pilih bagian seleksi “Face Select” seperti gambar dibawah ini
Kemudian pilihlah beberapa bagian dengan cara menekan tombol “Shift” pada keyboard diikuti dengan “Klik Kanan” pada mouse. Terlihat seperti gambar dibawah ini
Kemudian lakukan eksekusi “Graph” dengan cara menekan tombol “G” pada keyboard lalu tarik kebagian atas. Maka terlihat seperti gambar dibawah ini
Dan untuk pewarnaaa kita gunakan “Material” lalu saya disini menggunakan warna “Cokelat” pada objek “Plane” tersebut
Jika sudah selesai, maka seperti gambar dibawah inilah planet yang saya buat tadi
Membuat Armature/Tulang pada objek Alien “Mike”
Proses selanjutnya adalah membuat sebuah “Armature/tulang” untuk menggerakan objek Alien tadi. Pertama-tama tekan tombol “Shift+A” pada keyboard lalu pilih “Armature” kemudian pilih “Single Bone”
Kemudian masukkan armature tadi kedalam objek alien tersebut. Lalu masuk kebagian “Edit Mode” pada armature tadi setelah itu pilih ujung tulang tersebut lalukanlah eksekusi “Extrude” dengan cara menekan tombol “E” pada keyboard kemudian tarik kearah yang diinginkan. Setelah itu seleksilah tulang tersebut, sehingga objek & tulang berwarna orange. Lalu tekan “Ctrl+P” pilihlah “With Automatic Weights”. Langkah selanjutnya lakukan seleksi pada tulang saja, kemudian tekan tombol pada keyboard “Ctrl+Tab”untuk masuk kedalam Pose Mode hingga tulang berubah menjadi warna biru tepat seperti gambar dibawah ini.
Membuat/menambahkan Timeline Animasi pada objek tersebut
Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah “Timeline” dengan maksud untuk membuat sebuah animasi pada objek yang sudah dibuat sebelumnya. Disini saya saya akan mensetting waktu timeline untuk sebuah animasi tersebut dari mulai detitk ke-1hingga berakhir pada detik ke-50
Pilihlah pada detik ke-1 posisi objek dan armature tersebut masih diposisi awal
Lalu tekan tombol “I” pada keyboard lalu pilih “LocRot”
Pilihlah pada detik ke-10 
Coba ubah posisi objek tersebut. Disini saya gerakkan objek armature tadi yaitu pada bagian kaki sebanyak 2 armature kearah belakang soalah-olah objek alien tersebut ingin jatuh ke permukaan planet
Lalu tekan tombol “I’ pada keyboard dan pilih “LocRot”, kemudian lakukan proses sebelumnya secara berulang-ulang hingga frame/detik ke-40 dan disini saya gerakkan armature setiap frame sama persis seperti objek alien tersebut ingin jatuh kepermukaan planet
Cara Merender Animasi tersebut
Jika sudah proses diatas, lalu renderlah kembali objek tersebut dengan menekan tombol F12 pada keyboard. Lalu pilih “Render Animation” seperti gambar dibawah ini
Terakhir, pilihlah “Play Rendered Animation” seperti gambar dibawah ini. Lalu liatlah hasil animasi yang sudah anda buat tadi















































Read full post »

Popular Posts

 

Copyright © BONA BLOG Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger