Translate

Monday, October 05, 2015

Tugas 1 Pengantar Bisnis Informatika

Pengertian & Contoh Badan Usaha Bisnis Informatika

“Bisnis & Informatika”, memiliki dua arti yang saling berbeda. Dalam pengertian yang sederhana bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet.

1.    Bisnis
·      Pengertian Bisnis
  1. Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari – hari.
  2. Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.[Griffin & Ebert]

Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

·      Aspek – Aspek Bisnis
Aspek-aspek bisnis meliputi :
  1. Keuntungan individu dan kelompok
  2. Penciptaan Nilai
  3. Penciptaan Barang dan Jasa
  4. Keuntungan melalui Transaksi


·      Fungsi Bisnis
Fungsi bisnis, yaitu :
  1. Fungsi Mikro (Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung)
  2. Fungsi Makro(Kontribusi terhadap pihak yang tidak berperan langsung)


2.    Informatika
Informatika berkaitan erat dengan teknologi informasi. Teknologi Informasi adalah suatu seperangkat alat yang membantu kita dalam bekerja dengan informasi dan melakukan tugas – tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer melainkan mencakup juga teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarkan informasi. Dari defenisi di atas, nampak bahwa teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tetapi juga termasuk teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain bahwa teknologi informasi merupakan hasil konvergensi antara teknologi komputer dan teknologitelekomunikasi.

Setelah menelaah dari berbagai sumber juga pengertian – pengertian diatas, didapat maksud dari bisnis informatika. Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini dikarenakan sekarang teknologi informasi juga berkembang sangat pesat. Bisnis informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat didalam suatu teknologi informasi. Jawaban salah satunya adalah “Internet”. Tidak dapat dipungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi suatu kebutuhan sekunder maupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet. Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi.

Menurut saya, semua kegiatan yang melakukan transaksi jual – beli yang ada kaitannya dengan teknologi informasi masuk kedalam bisnis informatika. Contoh, sekarang sudah banyak masyarakat yang melakukan transaksi jual – beli secara online (E-Commerce). Jadi kita tidak perlu repot-repot untuk jalan ke mall, ataupun toko – toko untuk mencari barang yang kita inginkan. Cukup dengan modal laptop/PC dan internet, kita bisa mencari semua barang yang diinginkan.
Sekarang ini banyak sekali badan usaha yang menggeluti bisnis informatika seperti web – web penyedia jual – barang secara online. Contohnya E-Bay dan Kaskus. Saya pernah melihat acara tv yang sedang membahas bisnis online. Dijelaskan bahwa di Kaskus setiap harinya minimal terjadi 5 ribu (kalau tidak salah) transaksi jual – beli. Dimana kisaran transaksi terendah di rata- rata sebesar 30 ribu. Nah sekarang tinggal dikalikan saja 30 ribu x 5 ribu. Mencengangkan bukan. Betapa banyaknya perputaran uang yang ada di dalam bisnis informatika ini. Itu baru di dalam media internet, belum lagi kita lihat perkembangan warnet di indonesia. Kalau pemerintah mau serius, kita bisa mendapatkan hasil yang sangat banyak di dalam Bisnis Informatika ini.



Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
http://id.wikipedia.org/wiki/Institut_Bisnis_dan_Informatika_Indonesia
http://teknologi-sport.blogspot.com/2010/10/pengantar-bisnis-informatika.html
http://ulpiupie.blogspot.co.id/2011/11/bisnis-informatika.html
http://amandatribuana.tumblr.com/post/98774922191/pengertian-pengantar-bisnis-informatika

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

 

Copyright © BONA BLOG Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger