Translate

Monday, November 11, 2013

Tugas Pengenalan Teknologi Internet & New Media 2

0 komentar
Aplikasi New Media

Contoh Aplikasi New Media
Facebook
Kata-kata ini sudah tidak asing ditelinga kita,dari anak-anak hingga orang dewasa berlomba-lomba membuat akun ini dan memperluas jaringan pertemanan. Disatu sisi,lewat jejaring ini kita bisa berbagi foto dan video.
Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan banyak fitur hiburan yang tersedia secara gratis. Diantaranya quiz, games, chat, dan masih banyak yang lainnya. Game yang menjadi favorit facebooker diantaranya Texas Hold’em Poker (Zynga Poker), Farmville, dll.
Fitur Dan Konten Yang Terdapat Dalam Facebook :
·         Chatting(obrolan) berfungsi untuk chating kepada teman kita yang sedang online
·         Status Updates yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan ke semua teman mereka agar dapat dibaca.
·         Poke (Fitur colek ) yang ditujukan sebagai "dorongan" untuk menarik perhatian pengguna lain.
·         Search engine yang berfungsi untuk mencari seseorang yang memiliki facebook
·         Album foto yang  memungkinkan teman-teman kita melihat foto-foto yang ada di album kita dan memungkinkan kita untuk mengupdate foto kita.
·         List friend yang menandakan ada berapa teman kita dan memungkinakan orang lain melihat teman kita. 
·         Wall (Dinding) adalah ruang di setiap halaman profil pengguna yang memungkinkan teman-teman mengirimkan pesan ke pengguna agar dibaca sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan ditulis.Didalam wall juga terdapat fitur koment yang digunakan untuk membalas wall atau update status kita. 
·         Message/Inbox yang digunakan untuk mengirim pesan singkat yang bersifat pribadi atau tidak diketahui oleh orang lain.
·         Notification digunakan untuk memberitahukan kita kalau ada pesan atau ada yang membalas wall kita dan masih banyak lagi.
·         Beranda digunakan untuk melihat update orang lain atau teman facebook kita.
·         Games merupakan permainan online yang ada didalam facebook yang memungkinkan agar penggunanya tidak terlalu jenuh dalam bermain facebook. 
·         Profil digunakan untuk mengetahui identitas diri pengguna facebook.

 Twitter
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).
Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.
Fitur Dan Konten Yang Terdapat Dalam Twitter :
·         @
Fitur @ digunakan untuk memberi pesan atau twit kepada pengguna lain. Fitur ini merupakan fitur yang harus digunakan saat memberi twit kepada orang lain. Untuk memberi twit yang hanya sebagai pemberitahuan dari pengguna, pengguna tidak harus menggunakan fitur ini.
·         Membalas Pesan (RT Retweet)
Fitur ini bisa digunakan untuk membalas twit yang disampaikan oleh pengguna lain serta digunakan untuk menyampaikan ulang pesan yang terdapat pada halaman kita. Cara penggunaan yaitu dengan menekan fitur RT pada twit yang ingin dibalas atau ingin ditulis ulang. Contohnya: RT @tora152: hai teman apa kabar?.
·         Favorit (Fav)
Fitur ini dapat digunakan bila pengguna menyukai satu atau beberapa twit yang ditampilkan pada halaman utama pengguna. Untuk melakukan kegiatan ini cukup dengan mengeklik fitur fav pada twit yang disukai.
·         Pesan Pribadi (DM)
Fitur ini digunakan untuk memberi pesan pribadi kepada pengguna yang ingin dituju. Cara penggunaannya adalah dengan mengeklik fitur DM maka secara otomatis akan muncul kotak kecil tempat pengguna dapat menulis pesan pribadi.
·         Hapus (del)
Fitur ini digunakan untuk menghapus twit yang pernah disampaikan oleh pengguna atau twit yang terdapat nama pengguna. Penggunaan fitur ini sama dengan fitur Favorit.
·         Ikuti (Follow)
Fitur ini merupakan salah satu fitur utama dari jejaring sosial Twitter. Untuk menambah teman para pengguna, maka pengguna harus menggunakan fitur ini. Cara penggunaan fitur ini adalah membuka profil pengguna yang akan diikuti lalu menekan tombol Ikuti.
·         Tidak Mengikuti (Unfollow)
Fitur ini merupakan kebalikan dari fitur sebelumnya. yaitu untuk tidak mengikuti pengguna yang sebelumnya telah diikuti oleh pengguna. Cara penggunaan fitur ini sama dengan fitur Ikuti, yaitu dengan membuka profil pengguna yang tidak ingin digunakan lagi lalu menekan fitur Tidak Ikuti.
·         Teman (friends)
Fitur ini digunakan untuk melihat para pengguna lain yang diikuti oleh pengguna. Fitur ini akan menampilkan lima profil akun yang diikuti oleh pengguna pada tiap halaman. Urutan tampilan profil akun yang diikuti ini adalah mulai dari yang terakhir diikuti oleh pengguna yang bersangkutan.
·         Pengikut (Followers)
Fitur ini digunakan untuk melihat pengguna pengguna lain yang mengkuti akun pengguna yang bersangkutan. Halaman yang ditampilkan untuk profil ini sama dengan tampilan halaman pada fitur Teman.

Wikipedia
Wikipedia merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.
Konten yang terdapat dalam Wikipedia :
·         Pada bagian atas web terdapat search engine yang memudahkan kita untuk mencari informasi yang kita inginkan
·         Pada bagian kanan web terdapat pilihan bahasa yang tersedia yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam memahami artikel yang sedang di baca
·         Pada bagian atas terdapat fitur sunting dan versi terdahulu yang berfungsi untuk menyunting artikel dengan suntingan kita yang lebih baik dibandingkan artikel sebelumnya
·         Di web ini juga dapat mencetak artikel dalam bentuk pdf yang tersedia dalam fitur di sebelah kanan web
Fitur Dan Konten Yang Terdapat Pada Wikipedia
·         Pada bagian atas web terdapat search engine yang memudahkan kita untuk mencari informasi yang kita inginkan
·         Pada bagian kanan web terdapat pilihan bahasa yang tersedia yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam memahami artikel yang sedang di baca
·         Pada bagian atas terdapat fitur sunting dan versi terdahulu yang berfungsi untuk menyunting artikel dengan suntingan kita yang lebih baik dibandingkan artikel sebelumnya
·         Di web ini juga dapat mencetak artikel dalam bentuk pdf yang tersedia dalam fitur di sebelah kanan web

 YouTube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri.
Fungsi dari youtube itu sendiri adalah dimana kita dapat meliahat video-video yang ada. Dan kita juga dapat mengguanakannya unutk mencari sebuah inspirasi. disini kita dapat mengupload video yang kita buat. video yang ada atau yang sudah kita upload dapat dilihat oleh semua pengguna youtube. Apalagi apabila kita ingin mencari video klip dari artis penanyanyi yang kita kagumi. kita dapat mendownloadnya dengan sangat mudah.
Fitur Yang Terdapat Dalam Youtube :
·         Dibagian home terdapat sebuah konten yang digunakan untuk mengupload video.
·         Dibagian atas web terdapat search engine yang memudahkan kita melihat video – video apa saja yang terbaru dan terpopuler, selain itu dalam setiap video terdapat kolom komentar untuk mengomentari video.
·         Dibagian bawah web terdapat menu-menu yang memudahkan pengunjung, contohnya bahasa,untuk memilih bahasa yang di tampilkan saat menjelajahi web.
·         Report a bug, berfungsi untuk melaporkan jika terdapat halaman yang eror.
·         Location, berfungsi untuk menentukan daerah mana saja video yang ditampilkan.
·         Safety mode, berfungsi untuk pencarian yang akurat.
·         Fitur Annotations  yang memungkinkan kita memberikan penjelasan dalam video yang kita upload. annotation baru ini memukinkan user memberi label diarea video dan meberikan color palette lebih besar dan extended, dan timeline annotation yang baru dan berbeda .
·         Fitur Playlist feed ini memungkinkan kita berbagi video atau  playlist, mengirik komentar dan berbagi link dalam tab Feed.
·         Fitur  Browse page adalah hompage dimana kita bisa melihat video yang paling banyak dilihat baik dari keseluruhan category mapun keseluruhan category.
·         Fitur Video Editor Layanan ini tentunya memberikan kemungkinan kita untuk mengedit video di youtube
·         Video Manager memungkinkan kita mendapat update visual, selain itu juga hitory Seacrh dan video yang terlah diperbaiki dan update terjadwal.

Blog
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Fitur Yang Terdapat Dalam Blog  :
·         Tampilan Slide.
·         Link Berlangganan.
·         Polling.
·         Daftar.
·         Daftar Link.
·         Ganbar.
·         Teks.
·         HTML/JavaScript.
·         Feed.
·         Label.
·         Newsreel.
·         Baris Video.
·         Logo.
·         Profil.
·         Arsip Blog.
·         Header Halaman.

Keunggulan Dan Daya Tarik
Dari ke-5 contoh aplikasi new media yang sudah diberitahukan diatas,menurut saya pribadi yang paling unggul adalah Twitter
Kelebihan Twitter :

  1. Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
  2. Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
  3.  Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
  4. Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
  5. Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi RSS reader
  6. Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
  7.  Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
  8. Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
  9. Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langgana
  10. Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya
  11. Dan juga akhhir-akhir ini Twitter lebih baik daripada Google. Karena berita hangat di Twitter yang di publish / di informasikan lebih cepat daripada Google.

Contoh Real Aplikasi New Media
Ini merupakan salah satu contoh dari aplikasi new media,yaitu melakukan streaming tepatnya siaran langsung radio online di situs http://www.pramborsfm.com/streaming/



Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
 http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
 http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia
http://id.wikipedia.org/wiki/Youtube
http://id.wikipedia.org/wiki/Blog
 http://id.wikipedia.org/wiki/Prambors
Read full post »

Popular Posts

 

Copyright © BONA BLOG Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger