Translate

Monday, October 14, 2013

Tugas Pengenalan Teknologi Internet & New Media 1

0 komentar

Definisi New Media
Media menurut bahasa berarti perantara. pengertian secara umumnya Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Kata media berasal dari bahasa latin yang memiliki arti sebagai perantara sebuah informasi dengan penerima informasi. Yang artinya New Media secara bahasa dapat berarti “perantara baru”. Istilah New Media sebenarnya baru muncul di akhir abad ke 20, digunakan untuk menyebut media baru yang menggabungkan berbagai media konvensional di Internet. Teknologi yang digambarkan sebagai New Media mempunyai ciri digital, sering mempunyai karakteristik dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak. Atau New Media bisa juga disebut sebagai suatu perkembangan atau revolusi dari sebuah media-media yang telah berkembang dari jaman dahulu. Sebagai contoh adalah zaman dahulu untuk mengabadikan sesuatu perlu untuk mengukir di batu atau dengan melukis untuk mengabadikannya. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang smeakin berkembang maka untuk mengabadikan sesuatu cukup dengan mengambil gambar atau memfoto. Di zaman dahulu foto belum berwarna namun hingga sekarang foto sudah berwarna bahkan sudah dalam bentuk digital bukan dalam bentuk kertas atau lukisan lagi.

Pandangan New Media
New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.

Manfaat New Media
  • ·         Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
  • ·         Sebagai Media transaksi jual beli
  • ·         Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll
  • ·     Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
  • ·         Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis.

Komponen New Media
  • ·         Internet & Web
  • ·         Personal Komputer (PC) / Notebook
  • ·         DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
  • ·         VCDs (Compact Discs)
  • ·         Portable Media Player.
  • ·         Mobile Phone.
  • ·         Video Game/ Game Computer.
  • ·         Virtual Reality.
Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya.
Dengan SmartPhone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan. Misalkan di situs jejaring Twitter, kita dapat mendapatkan informasi tentang kejadian sekitar dengan memfollow akun yang berhubungan dengan berita yang baru. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.

Aplikasi New Media
Aplikasi new media pada saat ini sangatlah banyak,contohnya adalah sebagai berikut :
  • ·         Facebook
Kata-kata ini sudah tidak asing ditelinga kita,dari anak-anak hingga orang dewasa berlomba-lomba membuat akun ini dan memperluas jaringan pertemanan. Disatu sisi,lewat jejaring ini kita bisa berbagi foto dan video.
  • ·         Twitter
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).
Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.
  • ·         Hello
Heello adalah situs microblogging(mirip twitter) terbaru yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat . kalau ada yg blm daftar bisa daftar dimari . Heello sendiri dididrikan oleh pendiri Twitpic yaitu Noah .Heello pun diluncurkan sehari setelah twitter meluncurkan layanan untuk berbagi foto ke followers. Heello sendiri dibuat sekitar satu tahun lalu.   Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
  • ·         Wikipedia
Wikipedia merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.
Konten yang terdapat dalam Wikipedia :
ü  Pada bagian atas web terdapat search engine yang memudahkan kita untuk mencari informasi yang kita inginkan
ü  Pada bagian kanan web terdapat pilihan bahasa yang tersedia yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam memahami artikel yang sedang di baca
ü  Pada bagian atas terdapat fitur sunting dan versi terdahulu yang berfungsi untuk menyunting artikel dengan suntingan kita yang lebih baik dibandingkan artikel sebelumnya
ü  Di web ini juga dapat mencetak artikel dalam bentuk pdf yang tersedia dalam fitur di sebelah kanan web.
  • ·         CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
  • ·         Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
  • ·         BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).
  • ·         Dan sebagainya.



Sumber :
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Media_baru
  • http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/10/penjelasan-new-media/
  • http://ilmubudayadasar.blogspot.com/2010/09/arti-new-media.html
  • http://nizaru.blogspot.com/2011/10/softskill-pengenalan-teknologi-internet.html
  • http://thomasatreides.blogspot.com/2012/10/new-media-definisi-aplikasi-pandangan.html





Read full post »

Popular Posts

 

Copyright © BONA BLOG Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger