Translate

Wednesday, September 19, 2012

Membuat Komputer Shutdown Otomatis

0 komentar
Cara Shutdown Otomatis - Sebenarnya ada software yang memang dikhususkan untuk men-shutdown komputer secara otomatis. Namun ada juga yang tanpa software, hanya menerapkan beberapa langkah sederhana agar komputer anda dapat shutdown otomatis sesuai waktu yang telah ditentukan.

Perhatikan langkah-langkah di bawah ini agar komputer anda dapat shutdown secara otomatis :


  1. Klik Start >> Run  ( Atau pencet tombol windows + R kalau langsung dari keyboard)
  2. Lalu ketik "CMD" (tanpa tanda petik) pada kotak dialog RUN 
  3. Lalu Ketik : Shutdown <spasi> -S <spasi> -T <spasi> 3600   
     NB : 3600 adalah hitungan detik, silahkan anda rubah sesuai kebutuhan anda

Beginilah screenshot nya :


Setelah itu, akan muncul kotak dialog berisikan pemberitahuan bahwa komputer anda akan ter-shutdown otomatis dengan hitungan mundur yang tertera :


Nah begitulah cara agar membuat komputer anda shutdown secara otomatis, selain kasihan komputernya kalo ditinggal kita tidur, yaa itung-itung hemat listrik juga kan :)

Terima Kasih :)
Read full post »

Tuesday, September 04, 2012

Cara Cerdas Merawat dan Mengembangkan Blog

0 komentar
Ada yang bilang merawat dan mengembangkan blog adalah perkara yang tidak mudah. Ini benar, khususnya jika sobat ingin mengembangkan dan merawat blog yang diharapkan menjadi sukses. Ada jutaan blog di dunia, tapi tidak banyak yang bisa mencapai titik tertentu seperti yang diharapkan oleh pemiliknya. Pada kesempatan posting ini, saya akan berbagi beberapa hal sejauh yang pernah saya dapat dalam melakukan blog maintenance & development, baik pada blog ini maupun beberapa blog lain.
Saat ini, kita dapat dengan mudah membuat blog dan melakukan aktivitas blogging. Ada banyak blogging platform yang ditawarkan di Internet, sebagian besar gratis. Semua orang dapat membuatnya dengan mudah tanpa harus mengerti berbagai macam bahasa web dan software web. Bahkan anak SD pun dapat membuat dan menulis blog dalam waktu 5 menit saja. Jika demikian, mengapa setiap blog tidak sama? Mengapa satu blog memiliki pelanggan yang banyak sedangkan blog lainnya sepi? Karena ada sisi lain yang berpengaruh dan bahkan menjadi penentu, namun kadang diabaikan. Mudah membuat blog? Iya! Tapi tidak mudah untuk menemukan blog yang dibangun dengan originalitas, antusiasme, kreativitas, ketekunan, kesabaran, kedisiplinan, dan ketersediaan waktu.
Banyak orang yang membuat blog dan memulai blogging dengan semangat tinggi, namun dalam perjalanannya mereka bosan, melupakan, dan bahkan kehilangan ketertarikan sama sekali. Hanya sedikit yang kemudian terus melanjutkan blogging, menuliskan konten, dan berbagi kepada pelanggan maupun pengunjung. Adakah rahasianya? Jika sobat tertarik, silahkan lanjutkan pada beberapa poin tips di bawah. Jika sobat mulai merasa bosan dengan sedikit "basa-basi" ini, silahkan ditinggalkan. :)

Blogging adalah menulis

Ya, blogging itu menulis. Satu hal yang penting adalah menulis apa yang diketahui dan sangat disukai, atau bahkan digila-gilai. Jangan pernah menulis apa yang tidak dikuasai, apalagi tidak disukai. Banyak yang mulai ngeblog dengan memilih topik-topik yang mengundang ketertarikan banyak orang, namun kadang tidak diketahui atau disukai oleh diri mereka sendiri.
Pastikan memilih topik yang membuat sobat tertarik dan tinggalkan topik-topik yang tidak disukai, bahkan meskipun topik-topik tersebut mungkin dapat menarik banyak traffic. Mengapa? Karena jika sobat memilih topik yang disukai, sobat tidak akan pernah bosan dan berhenti menulis. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menulis sesuatu yang membuat sobat senang ketika menulisnya. Jika sobat belum menjadi ahli atau menguasai topik yang disukai tersebut, sediakan waktu untuk mempelajarinya terus menerus dan memperluas pengetahuan mengenai hal-hal yang berkaitan. Seseorang yang senang akan sesuatu pasti tidak akan bosan mempelajarinya, bukan?
Ketika menuliskan artikel/posting baru, pastikan kandungan isinya adalah hal yang baru, dikemas secara menarik, dan penuh pemikiran. Suatu artikel adalah kandungan informasi dan pengetahuan; keduanya selalu berkembang. Jika sobat mengembangkannya, maka itu adalah nilai plus. Hindari menuliskan hal yang sama yang telah ditulis oleh blogger lain. Kembangkan apa yang sudah mereka tulis, misalnya temuan-temuan baru pada suatu topik atau jadikan tulisan-tulisan tersebut sebagai referensi untuk menuju suatu ide baru. Inilah yang membedakan antara satu blog dengan blog lainnya. Ambil sudut pandang dari sisi pengunjung. Seorang pengunjung blog pasti mencari-cari sesuatu yang baru untuk memuaskan keingintahuannya. Jika dia melihat sesuatu yang menarik dan tidak dia temukan di blog lain, dia pasti akan membuat penilaian khusus, bahkan memutuskan untuk berlangganan. Suatu ketika dia berkunjung ke blog lain dan melihat isi blog tersebut sama  persis seperti yang sudah dia baca, dia pasti juga akan menilai, "Ih, kok sama sih! Jiplak pastinya. Ga banget deh!". Meskipun hanya dalam hati, pengunjung sudah menilai dan membuat suatu keputusan. Ini yang kemudian menentukan suatu blog akan menjadi berkembang dan besar atau tidak.

Kreativitas tidak bisa dipisahkan dari blogging

Sebagaimana banyak hal lainnya, kreativitas sangat penting untuk membuat blog sukses. Setelah memuat suatu artikel dengan ide tertentu, jangan tulis lagi hal yang sama kecuali sebagai sebuah pengembangan atau update/perubahan dari topik sebelumnya. Kualitas lebih penting dari kuantitas. Jangan terfokus pada jumlah posting, tapi perhatikanlah kualitas dari artikel yang hendak disajikan. Mengadaptasi ide atau artikel dari blogger lain tentunya bukan ide yang bagus. Tahan diri jika memang tidak ada ide baru. Jika sobat ingin pelanggan dan pembaca blog yang setia, cobalah untuk menekankan kualitas dan originalitas di setiap posting. Kreativitas itu unik, jadi buat blog sobat menjadi unik, baik dalam desain maupun isi. Meskipun suatu blog memiliki topik atau niche sama, tapi dia akan menjadi berbeda jika dikemas dengan ide yang segar serta original. Desain unik tidak berarti mewah, tapi cukup memberikan ciri yang hanya dimiliki oleh blog sobat. Boleh saja blog lain kemudian meniru desain blog sobat, tapi orang yang melihat bisa membedakan dan menilai.
Bagus juga untuk memikirkan pembaca. Blog sama seperti catatan mengenai apapun yang terjadi atau tersimpan di benak penulisnya. So, pikirkan kebutuhan pembaca. Pastikan melakukan update artikel baru meskipun hanya satu atau dua minggu sekali. Untuk blog baru, pasti ada banyak sekali ide yang tersimpan di benak penulisnya. Oleh karena itu, upayakan update secara rutin.

Sosialisasi dan Komunikasi

Blog sejatinya adalah thread. Cobalah untuk membuat artikel yang bisa menjadi bahan diskusi dan bersosialisasi. Dengan cara ini, pengunjung akan termotivasi untuk berkomentar dan berdiskusi dengan sobat. Pancinglah dengan hal-hal yang membuat mereka bertanya atau berpendapat. Gunakan pula social media sebagai ekstensi untuk mempublikasikan artikel dan berbicara dengan pengunjung/pembaca.

Skill dan Pengetahuan

Apa yang ditulis dan disampaikan melalui tulisan blog sama seperti ketika kita berbicara untuk menyampaikan pemikiran. Suatu blog adalah benda mati, yang membuatnya hidup, berkualitas, berarti, menarik dan berkembang menjadi besar adalah orang yang berada di belakangnya, sang blogger. Sangatlah penting untuk terus mengasah skill dan pengetahuan, baik mengenai blogging maupun topik/tema/atau niche yang diusung oleh blog. Bisa dibilang, blog adalah perwakilan diri sang blogger. Berkelanalah terus dari satu blog ke blog lain dan seluruh media untuk mengasah skill, meningkatkan pengetahuan, melakukan eksperimen, dan menghasilkan isi blog yang bisa diperhitungkan. Misalnya, jika sobat berbicara soal photoshop di blog, tidak mungkin sobat tidak perlu menguasai photoshop, bukan? Tentu wajib mengetahui seluk beluk photoshop, membuat percobaan-percobaan desain, dan menghasilkan penemuan atau trik baru yang bisa disajikan.

Mentalitas

Internet adalah dunia yang sangat luas, sama seperti dunia nyata yang kita tinggali ini. Ada puluhan juta, bahkan ratusan juta blog/web. Persaingan demikian besar. Jika sobat tidak bersabar, tekun, disiplin, serta tidak berusaha menguasai skill dan pengetahuan, otomatis blog tidak akan berkembang.
Selain itu, internet adalah dunia dengan kemungkinan anonimitas terbesar. Siapa saja bisa berbicara, suka atau tidak suka. Dan orang-orang yang ditemui di dunia online sama saja dengan dunia offline, ada yang baik, pengertian, sabar, setiakawan, dan ramah; namun ada pula yang berperilaku buruk, jahat, tidak sabaran, iri, dengki, sirik, dan lain-lain. Pada perjalanan blogging, sobat pasti akan menemui oknum yang menjelek-jelekkan, mengintimidasi, mengancam, memusuhi, menyerang, menikam dari belakang dan sejenisnya. Ini wajar dan sobat harus mempersiapkan mental serta bersikap bijak. Biasanya orang-orang seperti ini iri atau sirik dengan blog sobat. Dan memang demikian adanya. Jika dilihat lebih dalam dari sisi psikologi, orang yang memusuhi atau dendam adalah orang yang memiliki tingkat kecemburuan tinggi. Orang seperti ini cenderung bertindak konyol dan kekanak-kanakan. Hindari sikap atau respon yang sama. Sikapilah dengan jawaban yang tetap logis, ilmiah, dan tidak menuruti emosi. Inilah yang membedakan sobat dengan mereka. 
Blog ini dan saya juga sering mengalami hal demikian, sama seperti beberapa blog sobat-sobat blogger saya yang lain. Biasanya ini terjadi karena saya mengingatkan mereka tentang co-pas dan link sumber atau ada juga yang karena iri dengki. Bahkan ada cara mereka yang lebih esktrim: semua konten beserta seluruh desain blog ini dijiplak dan dipublish pada blog yang (kebetulan) dinamai dengan nama yang hampir sama seperti blog ini (hanya berbeda pada satu huruf "a"). Bahkan bisa dipastikan ketika artikel ini saya publish, beberapa menit kemudian artikel yang sama persis nongol di blog itu. Hehe... Entah... mungkin karena saking iri, dendam, dan konyolnya kali ya. Padahal sekali satu blog unik, ya terus unik selamanya. Blog, isi blog, desain blog, dll bisa dijiplak, tapi si blogger beserta ide dan pemikirannya tidak bisa ditiru, itu yang membuat unik dan dapat dibedakan oleh pembaca/pengunjung.
Intinya, jangan pernah menyerah ketika menemui situasi yang tidak diharapkan seperti: tidak ada ide, blog sepi, bingung, bosan, dimusuhi, dan lain-lain. Ciptakan semangat tinggi dan jangan mudah putus asa dan terprovokasi. Cemungudt!

Kesimpulan

Kesuksesan blog 100% tergantung pada diri sobat. Jika sobat memperhatikan beberapa poin penting dalam blogging seperti yang telah disampaikan di atas, saya yakin blog sobat akan terus berkembang dan sukses.  
Have a nice blogging, brothers...

Read full post »

List Batasan Blogger dan Akun Blogger Yang Wajib Diketahui

0 komentar


Blogger memiliki batasan penggunaan blog serta akun Blogger sama seperti layanan-layanan blog maupun internet lainnya. Nah, apa perlunya mengetahui batasan-batasan tersebut? Sebagai pengguna layanan Blogger, tentunya dengan mengetahuinya, seorang blogger dapat melakukan management penggunaan fitur layanan dengan baik.

Sebagai salah satu pengguna Blogger, saya juga sangat penasaran dengan hal-hal yg dibatasi penggunaannya oleh Blogger. Salah satu sumber utama yg saya gunakan adalah FAQ resmi tentang batasan akun Blogger. Secara garis besar, saya menyimpulkan bahwa batasan (limitation) tersebut sebenarnya tidak benar-benar membatasi karena akan sangat jarang sebuah akun Blogger mencapai limit tersebut. Berbeda dengan layanan blog wordpress gratis, mengganti template atau memasang iklan saja adalah hal yg haram. Sumber FAQ tersebut sebenarnya kurang begitu terperinci, sehingga kemudian akan saya buat per bagian sehingga menjadi lebih jelas, ditambah dengan beberapa update batasan lainnya yg saya temukan ketika menggunakan Blogger.

Berikut daftar lengkap batasan penggunaan Blogger & Akun Blogger:
1. Batasan Akun Blogger
  • Jumlah Blog: 100 buah
  • Panjang info "about me" (pada halaman profil akun blogger): 1200 karakter
  • Panjang Info Hoby & Kesukaan: 2000 karakter
  • Maksimal Jumlah Blog yg difollow per akun: 300 Blog
  • Ukuran gambar berdasarkan dimensi: 
    • Lebar gambar yg diupload melalui post editor: maks.1600px. Gambar yg lebih luas tetap dapat diupload namun kemudian secara otomatis di-resize (scaled down) menjadi 1600px
    • Lebar gambar yg diupload melalui Template Designer (background): Tidak ada batasan
  • Ukuran Gambar berdasarkan berat file:
    • Gambar yg diupload lewat post editor: 8 MB
    • Gambar yg diupload lewat Template Designer (background): 300 Kb
    • Gambar yg diupload melalui mobile device: 250 Kb
  • Kapasitas hosting gambar (di Blogger melalui partnership dengan Picasa Web Album): 1024 Mb per akun.
  • Bandwidth hosting gambar: Tidak ada batasan
2. Batasan Blog
  • Panjang judul/nama blog: 90 karakter
  • Panjang nama subdomain (subdomain.blogspot.com): 37 karakter
  • Panjang deskripsi blog (deskripsi pada gadget header): 500 karakter
  • Jumlah anggota per blog: 100 orang
  • Jumlah pembaca blog (untuk blog pribadi): 100 orang
  • Jumlah posting: Tidak ada batasan. Tapi saat ini akses edit posting pada daftar posting hanya mencapai maks. 5000 posting. Posting sebelumnya (di bawah 5000 posting) belum dapat diakses. Blogger sedang memperbaikinya.
  • Jumlah posting yg ditampilkan pada halaman-halaman list posting (homepage, label, archive) ditentukan oleh pilihan pada Settings > Formatting > Show at most. Apabila dipilih hari (day), maka batas maksimal tampilan pada satu halaman adalah 500 posting. Blogger sedang merencanakan fitur batas maksimal posting yg ditampilkan bukan berdasarkan jumlah posting, melainkan total berat halaman hingga 1 MB.
  • Jumlah halaman statis (static page): Awal Desember 2011 lalu diupgrade hingga 20 buah (sebelumnya 10, mantap!!)
  • Jumlah label: 5000 buah unique label per blog
3. Batasan Posting
  • Panjang tiap posting: Tidak ada batasan
  • Berat file tiap posting: Tidak ada batasan, namun seperti yg sudah disebutkan di atas, file posting lebih dari 1 MB mungkin dapat menyebabkan bagian di atas 1 MB ditampilkan pada halaman berikutnya (multiple pages for one post).
  • Jumlah label tiap posting: 20 label unik.
  • Jumlah komentar per posting: Tidak ada batasan
  • Panjang nama file posting (nama file ada di bagian belakang url posting): 39 karakter, contoh nama file:  http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/10/hindari-9-hal-dalam-berkomentar-di-blog.html
    Nama file digenerasikan dari judul posting ketika pertama kali dibuat. (Ini salah satu saja kelemahan blog Blogger, sehingga judul posting panjang dapat menyebabkan URL posting terpotong karena telah mencapai batas. So, perhatikan betul ketika membuat judul posting agar SEO Friendly, pelajari: Maksimalkan Keyword di URL Posting Blogger/Blogspot).
4. Batasan lain
  • Panjang label: 200 karakter
  • Panjang komentar: 4,096 karakter per komentar.
Yup, batasan (limitation) di atas memang akan sangat jarang ditemui karena Blogger merupakan salah satu platform blog yg memiliki banyak keleluasaan layanan. Namun demikian, dengan mengetahui batasan penggunaan Blogger & akun Blogger, diharapkan kita dapat lebih memahami beberapa karakter Blogger yg mungkin belum pernah kita jumpai sebelumnya & dapat memaksimalkan penggunaan layanan Blogger ke depan.

Happy blogging guys...
Read full post »

Tips Mengedit Template HTML Blogger/Blogspot: Mudah dan Aman

0 komentar


Blogger adalah layanan blog gratis yang memberikan keleluasaan bagi user untuk mengedit tampilan dan fungsi blognya. Secara mendasar, Blogger berplatform HTML/XML dengan didukung pengaturan tampilan CSS dan fungsi-fungsi javascript. Kita mengenal adanya fitur edit template HTML Blogger dimana kita dapat dengan bebas melakukan modifikasi, desain ulang, hack, penambahan fitur dari pihak ketiga (third party) berupa widget, dan lain-lain.
Note: Fitur edit HTML Blogger diakses melalui dashboard > design/rancangan > edit HTML.
Beberapa kasus saya temui dari pengunjung dan beberapa teman blogger (khususnya newbie) yang mengeluh karena gagal memasukkan hack/script tambahan, tidak menemukan kode tertentu seperti yang ada di tutorial, bahkan ada pula yang templatenya "kacau" karena salah mengedit template HTMLnya.

Tips ini saya buat untuk memberi masukan dan ide dalam melakukan editing Template HTML agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Semoga bermanfaat.

1. Memahami elemen dasar dari template blogger/blogspot sangat penting, pada dasarnya ada 5 elemen penting pada template Blogger yang hampir sama dengan elemen dasar web HTML pada umumnya:
a. HTML/XML tag, yang menandakan bagian dari keseluruhan halaman, diawali dengan <html> dan diakhiri dengan </html>. Khusus untuk tag-tag XML, untuk template Blogger dan HTML editor setelah tahun 2007, selalu diakhiri dengan /, contoh: <data:post.body/>.
b. Head tag, merupakan bagian dari keseluruhan head halaman, di dalamnya dimasukkan aturan-aturan yang mengatur banyak hal, termasuk tampilan (CSS), diawali dengan <head> dan diakhiri dengan </head>.
c. Body tag, merupakan isi dari halaman web/blog, di dalamnya terdapat konten/isi inti halaman, termasuk pula widget-widget yang menjadi bagian dari isi halaman, diawali dengan <body> dan diakhiri dengan </body>.
d. CSS, elemen pengatur tampilan halaman, baik dari segi warna, font, posisi, lebar luas, dan masih banyak lagi. Letaknya diantara <b:skin><![CDATA[ dan ]]></b:skin> dan berada pada bagian head. Pada beberapa kasus kode CSS juga dimasukkan tepat di atas </head> sebagai aturan tambahan.
e. Javascript, merupakan elemen yang sebenarnya mengandung software (web widget) yang berisi perintah-perintah tertentu. Biasanya digunakan untuk memasukkan elemen tambahan seperti popular post, auto readmore, dan sebagainya. Ada dua jenis javascript yang dapat digunakan: internal, yang diupload dan di-host langsung di Blogger, dan eksternal, yang diupload dan dihosting di server lain. Letaknya relatif, tergantung jenisnya. Untuk yang berjenis widget biasanya ada di dalam body.

2. Biasakan back up template terlebih dahulu sebelum editing, klik "Backup Full Template" di atas kotak "Edit HTML". Jika ada kesalahan dan anda tidak tahu script mana yang harus dibenahi, anda dapat dengan mudah mengupload file back-up template dan mengembalikan seperti semula.

3. Perhatikan benar-benar tutorial yang dibaca, jangan sampai ada yang terlewatkan. Sebagai contoh, jika harus mencentang/klik "expand widget templates", maka pastikan sudah melakukannya. Fungsi dari perintah tersebut adalah untuk membuka bagian-bagian body yang mengandung widget. Jika tidak dicentang, bagian-bagian tersebut akan "disembunyikan" oleh Blogger karena memang ditujukan untuk keamanan.

4. Ketika meng-copy script dari halaman tutorial yang anda baca, pastikan semua bagian script sudah tercopy atau jangan ada bagian selain dari script yang ikut ter-copy.

5. Jika harus mengubah isi script/kode, misalnya mengganti url blog/feed, value, dan lain-lain, salin/paste terlebih dahulu kode/script tersebut ke editor semacam notepad, wordpad, word. Setelah melakukan pengubahan script dan memastikan semuanya beres, baru masukkan script tersebut ke template HTML.

6. Agar lebih mudah dan cepat mencari kode tertentu seperti yang diminta di dalam tutorial, gunakan fitur pencarian browser, tekan Ctrl + F, setelah kotak pencarian muncul masukkan kode yang ingin dicari dan tekan next (enter).

7. Perhatikan benar-benar istilah di bawah/setelah serta di atas/sebelum, itu berarti letakkan kode benar-benar setelah atau sebelum kode yang dicari. Kode-kode dibaca oleh browser dari kiri ke kanan sebagai urutan. Atas bawah hanya digunakan untuk memberi kenyamanan dalam mengurutkan. Bagi browser, dia tetap dibaca dari kiri ke kanan. Contoh:
<b:include data='top' name='status-message'/><data:adStart/>
Kita lihat di situ ada 2 tag bersisian, jika harus memasukkan tag/kode baru <b:include data='posts' name='breadcrumb'/> di bawah/setelah <b:include data='top' name='status-message'/>, itu berarti anda harus meletakkan benar-benar setelahnya, sehingga <data:adStart/> harus digeser posisinya, atau kode/tag baru disisipkan di antara keduanya, jadinya: 

<b:include data='top' name='status-message'/>
<b:include data='posts' name='breadcrumb'/> 
<data:adStart/>
atau,
<b:include data='top' name='status-message'/><b:include data='posts' name='breadcrumb'/><data:adStart/>
8. Jika memang masih belum yakin dan terbiasa, buatlah blog baru yang fungsinya untuk eksperimen dan uji coba script (trial and error). Anda bisa dengan bebas melakukan uji coba tanpa ada ketakutan template blog anda rusak atau pembaca kabur. Agar hasilnya akurat, gunakan jenis template yang sama seperti blog anda. Saya memiliki 3 blog untuk eksperimen dan mencoba script baru sehingga bisa dengan bebas melakukan apapun tanpa rasa khawatir.

9. Khusus untuk hack/script tertentu di mana tampilannya bisa langsung dilihat di homepage/beranda (misalnya: memasang readmore atau background), setelah memasukkan script dan selesai meng-edit, jangan langsung di-save dulu. Gunakan/klik fitur preview/pratinjau untuk melihat hasilnya. Jika sudah beres dan sesuai yang diinginkan, baru lah di-save.

10. Pada beberapa template, ada yang bagian tertentunya di apit oleh tag paragraf: <p> dan </p>, sehingga ketika bagian tertentu tersebut dicari, seolah tidak ketemu. Jika template anda berjenis seperti ini, jangan menyerah terlebih dahulu.
Contoh:
Ketika harus mencari <data:post.body/>, dan tidak ketemu, maka ada kemungkinan tag paragraf mengapitnya (<p><data:post.body/></p>), atau ada beberapa kondisi lain (misalnya, anda lupa mencentang "expand widget templates"). Agar lebih mudah lagi, jangan sertakan < dan /> ketika mencari (Ctrl + F), cukup gunakan data:post.body saja.

Masih ada beberapa lagi yang hendak saya sampaikan, namun sekiranya 10 poin di atas cukup lengkap untuk menjadi tips dan petunjuk agar lancar dan aman dalam mengedit Template HTML Blogger/Blogspot. Selanjutnya, sobat Blogger dapat mengembangkan dan membiasakan diri dengan template dan template editor Blogger serta melakukan editing secara mandiri (Do It Yourself [DIY]). Keep on learning and learning.
Sekian semoga bermanfaat...

Read full post »

Cara Mengganti Gambar Background Blog di Blogger/Blogspot

0 komentar
Memperindah blog ternyata juga merupakan hal yang menyenangkan, karena kustomisasi blog memang sangat diperlukan agar blog tampak lebih personal dan unik. Nah salah satu cara membuat blog tampak beda dengan yang lain adalah dengan mengubah background blog. Untuk mengganti gambar background blog seperti yang diinginkan, berikut langkah-langkahnya:

(Sebelum anda mengganti warna/gambar background dengan gambar bakcground baru, pastkan  telah menemukan/memiliki gambar background dan menghosting-nya sendiri.

1. Masuk ke dashboard anda dan pilih tab menu design/rancangan.
2. Pilih Edit HTML
3. Centang expand widget template di sebelah kanan atas template HTML.
4. Kemudian anda cari kode tag ini: body{ (gunakan Ctrl+F untuk mencari dengan cepat)
    Atau bisa juga dengan mencari kode selengkapnya/menambahkan kode setelah body { seperti berikut:

   body{background-image: url(alamat url gambar anda);

5. Ganti alamat url gambar anda dengan alamat gambar background yang telah anda host.
6. Save template

Yang perlu diperhatikan adalah ukuran gambar anda, usahakan untuk tidak menggunakan gambar dengan byte yang besar, usahakan di  bawah 50 Kb, agar tidak membuat loading berat dan lama.
Gambar memiliki ukuran pixel yang berbeda-beda. Pastikan hasil gambar background blog anda penuh dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah. Untuk membuat gambar background penuh diperlukan pengulangan. Gunakan tag repeat (mengulang) ke kanan/samping: repeat-x, dan ke bawah: repeat-y. Berikut contoh untuk pengulangan ke kanan/samping::
body{background:url(http://2.bp.blogspot.com/_wnULV7UHiXY/TSOhgPOpqXI/AAAAAAAAAH8/dC7uwZp1HA0/s1600/t28_blue_background.jpg
);background-position:top left;background-repeat: repeat-x; ....dst}

agar gambar juga mengisi hingga ke bawah (hingga footer halaman), tambahkan repeat-y tepat disamping repeat-x. Contoh:
body{background:url(http://2.bp.blogspot.com/_wnULV7UHiXY/TSOhgPOpqXI/AAAAAAAAAH8/dC7uwZp1HA0/s1600/t28_blue_background.jpg
);background-position:top left;background-repeat: repeat-x repeat-y; ....dst}

Jika anda tidak ingin gambar anda berulang baik ke kiri atau ke bawah, cukup gunakan kode no-repeat. Contoh:
body{background:url(http://2.bp.blogspot.com/_wnULV7UHiXY/TSOhgPOpqXI/AAAAAAAAAH8/dC7uwZp1HA0/s1600/t28_blue_background.jpg
);background-position:top left;background-repeat: ; ....dst
Ya, sekian trik simpel mengenai cara mengganti background blog...
Read full post »

Popular Posts

 

Copyright © BONA BLOG Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger