Translate

Thursday, October 04, 2012

Tugas Tulisan Lepas ISD 2 (Ilmu Sosial Dasar)

Imigrasi
Istilah imigrasi berasal dari bahasa latin ‘Migratio’ yang berarti perpindahan manusia dari suatu tempat atau negara ke tempat lain atau negara lainnya (M.Iman Santoso, 2004). Ada istilah emigratio yang memiliki arti berbeda, perpindahan penduduk dari suatu wilayah atau negara ke luar menju wilayah atau negara lain. Jadi seseorang yang ingin pindah dari suatu negara, dan berusaha untuk menetap pada wilayah tersebut disebut imigrasi, sementara orang yang melakukan imigrasi atau pekerja yang bekerja di wilayah negara lain dalam kurun waktu yang cukup lama disebut juga imigran.
Imigrasi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantara lain : Faktor sosial, konflik, politik, budaya, bencana alam, ekonomi, dan keamanan. Faktor-faktor yang disebutkan diatas yaitu faktor pendorong dan faktor penarik. Berikut penjelasannya :
Faktor pendorong misalnya :
a. Makin berkurangnya sumber-sumber alam
b. Menyempitnya lapangan pekerjaan di tempat asal, akibatnya masuknya teknologi yang menggunakan mesin-mesin
c. Adanya tekanan atau diskriminasi politik, agama, suku, di daerah asal
d. Tidak cocok lagi dengan adat budaya/kepercayaan di daerah asal.

Faktor-faktor penarik, antara lain :
a. Adanya rasa superior di tempat yang baru atau kesempatan untuk memasuki lapangan pekerjaan yang cocok.
b. Kesempatan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.
c. Kesempatan mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.
d. Keadaan lingkungan dan keadaaan hidup yang menyenangkan.
Dalam hal ini segala kegiatan diatur semua oleh pemerintah baik pengawasan, pelaksanaan, maupun hukuman bagi yang melanggar tata-tertib imigrasi dan undang-undang yang berlaku. Dalam setiap Negara terkadang aturan imigrasi berbeda-beda, ada yg rumit adapun yang mudah tergantung aturan yang berlaku. Oleh sebab itu, jika kita akan melakukan imigrasi diharapkan memenuhi syarat-syarat tertentu. Serta mendapatkan izin yang jelas dari pihak yang berwenang demi kelancaran dan keamanan dari kedua pihak Negara (Negara asal dan Negara yang dituju).

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

 

Copyright © BONA BLOG Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger