Translate

Thursday, October 04, 2012

Tugas Tulisan Lepas ISD 2 (Ilmu Sosial Dasar)

Kebudayaan Banten
Banten merupakan salah satu provinsi yang ada di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi Banten dulunya adalah bagian dari daerah Provinsi Jawa Barat.
Hampir sebagian besar masyarakat penduduk Banten memeluk agama islam dengan semangat religius yang tinggi, tetapi pemeluk agama lain bisa hidup berdampingan dengan damai. Salah satu ciri khas dari budaya masyarakat Banten adalah seni bela diri Pencak Silat, serta Debus yang sudah terkenal sebagai salah satu seni tradisional milik Banten. Selain itu, Banten juga memiliki Seni Rundag, Umbruk, Tari Saman, Tari Topeng, Tari Cokek, Dog-dog, Palingtung, dan Lojor.
Suku Baduy merupakan suku asli penduduk Banten. Suku Baduy ini masih terjaga keasliannya dan juga masih menjaga anti modernisasi. Mereka masih menggunakan cara tradisional dalam kehidupannya baik cara berpakaian maupun pola hidup lainnya.
Dalam hal bahasa masyarakat asli Banten berbicara dengan menggunakan dialek yang merupakan turunan dari bahasa sunda kuno. Banten memiliki rumah adat yaitu rumah panggung yang atapnya dibuat dari daun dan lantainya terbuat dari pelupuh (semacam bambu yang dibelah-belah). Sedangkan dindingnya terbuat dari bilik. Sebagai bahan penyangga rumah panggung tersebut adalah terbuat dari batu. Rumah adat banten ini masih dapat dijumpai di daerah yang dihuni oleh orang Kanekes atau disebut juga orang Baduy.
Oleh sepatutnya, mari kita menjaga kebudayaan ini agar tidak terkikis oleh zaman. Karena dengan kebudayaan kita mempunya cirri khas sendiri sebagai penduduk Banten.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

 

Copyright © BONA BLOG Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger