Translate

Sunday, October 28, 2012

Tugas Menjawab Pertanyaan ISD 4 (Ilmu Sosial Dasar)

Pendapat Saya Mengenai Hubungan Antara Negara dengan Hukum
Menurut pendapat saya ada  teori tentang hubungan hukum dengan negara. Teori yang pertama, negara berada di kasta tertinggi diatas hukum (negara yang menciptakan hukum). Sedangkan teori yang kedua, hukum berada di atas negara dan negara dan hukum mempunyai level yang sama.
Negara dan Hukum sangat berhubungan karena sebuah negara tanpa suatu dasar hukum akan hancur karena hanya berdasarkan kepada kekuasaan suatu pemimpin saja. Negara  terikat kepada hukum, namun  tatanan negara  dan  tatanan  hukum  itu  sama, hanya Negara adalah  sistem  norma-norma.
Hukum dibuat oleh lembaga-lembaga tertentu, dalam hal ini adalah negara. Hukum disetiap negara berbeda berdasarkan budaya dan agama masing-masing negara. Negara dalam hal ini pemerintah, membutuhkan hukum untuk mengatur rakyatnya, dan hukum harus adil, tidak memihak, walaupun pada kenyataannya banyak negara yang cacat hukum salah satu contohnya adalah Indonesia karena hukum dapat dibeli.
Oleh karenanya hubungan Negara dengan Hukum itu seharus nya saling menjaga sebuah tata cara agar  terjaga sebuah norma norma yang sistematis dan tidak hanya terpaku kepada sebuah pemimpin atau kepala sebuah departemen.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

 

Copyright © BONA BLOG Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger